Minggu, 07 Oktober 2012

Sistem Informasi Membuat program


Pada postingan kali ini,saya akan berbagi cerita sedikit mengenai pengalaman saya yang berhubungan suatu sistem informasi yang saya pernah lakukan.Sejak saya terjun di Jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma saya banyak mengenal hal-hal yang berubungan dengan teknologi,kemajuan teknologi serta membuat program dengan berbagai Bahasa Pemrograman seperti Java,Visual Basic,Pascal,dan banyak lagi.
          Sebagai Mahasiswa Gunadarma di Jurusan Teknik Informatika terutama pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan membuat LA (Laporan Akhir),setelah praktikum di Lab Teknik Informatika pasti setiap mahasiswanya diwajibkan untuk membuat sebuah Laporan apa saja yang sudah mahasiswa pelajari selama belajar di Lab serta membuat Program ulang serta Logikanya pembuatannya atau penjelasan mengenai program-programnya.Nah saya akan membahas salah satu programnya yang saya buat dulu.
          Tujuan program yang saya buat kali ini yaitu untuk Mengubah suhu dari Derajat celcius menjadi Reamur dan Fahrenheit.Nah program kali ini saya membuatnya menggunakan Bahasa Pemrograman Java.Sebelum saya menjelaskan program yang saya buat,untuk kalian para pemula atau yang tidak tahu java itu apa sih..Gampang kok software ini bisa di donlot dimana saja,pasti kalian juga tau kan bagaimana cara menginstall suatu program.Nah jika kalian sudah mempunyai software java di dalam laptop kalian.Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk membuka suatu file baru.
*      Pertama-tama klik File-New
*      Setelah itu buat kodingan seperti gambar di bawah ini.
Sedikit saja penjelasan mengenai kodingan yang saya buat Diatas adalah
import javax.swing.*;
Nah kalo barisan program diatas ini maksudnya saya mengimport barisan program dibawahnya dalam bentuk suatu gabungan inputan.
public class temperature
Maksud barisan program diatas,nama dari proram classnya adalah temperature,nanti pada saat kita menyimpan program yang akan kita jalankan ini kita harus sama menamainya yakni dengan nama temperature juga.
{
    public static void main(String[]agrs)
    {
    double tempC,tempR,tempF;
Maksud program diatas ini,nanti hasil dari perhitungan untuk C : celcius,R : reamur,dan F :Fahrenheit hasilnya memakai beberapa angka dibelakang koma.
    String bilangan = JOptionPane.showInputDialog("Input Celcius:");
Barisan program diatas ini artinya nanti pada saat kita menjalani program akan keluar inputan dialog yang tulisannya “Input String”
    System.out.println("Input angka:"+bilangan);
Barisan ini untuk mencetak Input angka yang ada di variable bilangan.
    tempC=Double.parseDouble(bilangan);

    tempR=tempC*4/5;
Barisan program ini maksudnya nanti hasil dari tempR adalah inputan dalam bentuk celcius ini akan dikalikan 4/5
    tempF=tempC*9/5+32.0;
Barisan program ini maksudnya nanti hasil dari tempF adalah inputan dalam bentuk celcius ini akan dikalikan 9/5 + 32.0

        System.out.println("Temperatur Celcius="+tempC);
        System.out.println("Temperatur Reamur="+tempR);
        System.out.println("Temperatur Farenheit="+tempF);
Barisan program diatas ini untuk mencetak Temperature Celcius,Reamur dan Fahrenheit dan hasilnya ada di masing-masing variable tempC,tempR dan tempF.
        System.exit(0);
Untuk menutup programnya menggunakan barisan program diatas ini dan jangan lupa juga kurung kurawal penutupnya sebanyak kurung kurawal buka diatas tadi.
*      Setelah itu untuk menjalankan program kalian,klik tools-compile lalu tools-running.Apabila ada beberapa kesalahan kalian perbaiki,naah apabila dapat dijalankan. Sekian penjelasan saya mengenai salah satu Laporan Akhir saya,yang dapat digunakan untuk mengubah suatu derajat Celcius menjadi Fahrenheit ataupun Reamur.Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar